Teknik Dasar Sepak Bola

  • July 28, 2020

Zaman dulu, ada sebuah permainan bola kuno di Rusia, tapi itu berbeda jauh dari sepak bola. Dengan menggunakan bola yang terbuat dari kain lembut atau kulit diisi bulu, dua tim memainkan bola ini dengan kaki dan mencoba untuk menjaga bola supaya berada sejauh mungkin dari sisi lawan. Dengan bekerja sama dalam tim, anak belajar bagaimana cara berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang lain. Bertukar ide dengan cara yang dapat dipahami dan dipelajari sehingga tim bisa bermain dengan baik dan membawa pulang kemenangan.

Pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19, U21, dan U-23). Pemain yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan dengan pemain lainnya.

Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain. Jika dalam satu tim, kurang dari 7 pemain, maka permainan tidak dilanjutkan. Sekali pertandingan resmi hanya dapat dilakukan 3 kali pergantian pemain, sedangkan dalam pertandingan persahabatan dapat dilakukan pergantian pemain bisa mencapai sebanyak 7 kali.

Tanpa rasa ini tak mungkin suatu tim dapat memenangkan pertandingan karena para anggota harus bekerja sama sebagai satu kesatuan tim. Dua kriteria paling penting yang harus dimiliki pemain sepak bola adalah harus sehat dan gesit. Permainan ini mengharuskan anak-anak berlari lebih cepat untuk mengejar bola di lapangan yang cukup besar. Karena tubuh anak jadi lebih bugar, bermain sepak bola menurunkan risiko si kecil untuk terkena diabetes tipe 2 dan kelebihan berat badan seperti obesitas. Namun, dalam pertandingan sepak bola dewasa ini pisang berubah fungsi.

Waktu 90 menit yang umum digunakan pada seluruh pertandingan sepak bola seluruh dunia mengikuti sebuah aturan pertandingan yang diterapkan di Inggris. Cikal bakalnya peraturan tersebut dibentuk di Universitas Cambridge pada sekitar 1860. Ukuran dari lapangan sepak bola ini sudah disesuaikan dengan jumlah pemain yang ditentukan yaitu 11 orang dari masing-masing tim yang bertotal 22 orang dari 2 tim. Satu kali pertandingan sepak bola terdiri dari 2 babak yang masing-masing berdurasi 45 menit dengan jeda pertandingan selama 15 menit. Jika dalam 2 x 45 menit belum ada tim yang menang, maka pertandingan dilanjutkan dengan durasi 2 x 25 menit.

Namun, wasit nantinya akan memimpin pertandingan bisa juga memberikan tambahan waktu yang mana dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yakni sekitar 1 hingga 5 menit pada setiap babak. Menurut aturan sepak bola internasional, durasi permainan sebuah pertandingan sepak bola adalah 2 x 45 menit (2 babak). Namun, wasit yang memimpin pertandingan dapat memberikan tambahan waktu sesuai dengan kebutuhan, yaitu sekitar 1-5 menit untuk setiap babak. Sepak bola bukanlah permainan individual, melainkan harus dilakukan secara bersama-sama dan melibatkan semua pemain di dalam tim.

Penjaga gawang atau Goal-Keeper adalah satu-satunya pemain yang dapat menggunakan tangan untuk menghalangi bola yang akan masuk kedalam gawang dari serangan tim lawan. Posisi yang harus diduduki seorang penjaga gawang adalah orang yang berbadan tinggi dan besar. Menurut aturan dari sepak bola internasional, durasi dalam satu kali permainan pertandingan sepak bola yakni 2 x 45 menit atau 2 babak.

Jika para pemain tidak memiliki tujuan untuk bekerja sama, tim dipastikan akan gagal mencetak gol dan kalah di dalam pertandingan. Menggiring bola atau dribbling juga jadi modal utama seorang pemain sepak bola. Menggiring berarti mengontrol gerakan bola di atas lapangan menuju gawang lawan.

Saat menggiring, pemain melakukan tendangan ke arah tertentu sambil tetap menguasai bola. Setiap tim yang terdiri dari sebelas orang harus memasukkan bola ke gawang lawan. Tim yang berhasil mencetak gol lebih banyak akan dinyatakan sebagai pemenang. Akan tetapi, permainan ini tetap dilakukan dengan mengikuti sejumlah aturan yang sudah ditentukan.

Ada beberapa orang yang tak menghargai makanan kaya manfaat tersebut. Pisang dijadikan alat oleh para suporter untuk diacungkan atau dilempar ke lapangan sebagai aksi rasialis terhadap pemain. Maklum, secara ilmiah buah tersebut memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina para pemain di lapangan. Tak ayal, pisang menjadi santapan yang paling sering dilihat siapa pun saat pertandingan sepak bola dihelat.

Beryl

E-mail : admin@abaslesbac.org

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*